Cara melukiskan posisi oil rig
permanen pada peta dengan bantuan benda baringan lain :
kita
baring sesuatu objek baringan yang telah ada dipeta dengan radar memakai
baringan dan jarak .misalnya baringan objek tersebut 290 dan jarak nya 4mil
setelah itu kita lukis hasil baringan itu di peta ,setelah kita mendapatkan
posisi kapal kita maka kita baring lagi oil reg permanen tersebut dengan radar
dan tentukan jaraknya berapa mil dari posisi kita
Pada daftar suar Indonesia
diperoleh data sbb : flash0.6sec , eclipse3.0sec , flash0.6sec , eclipse 3.0sec
, flash3.0sec , eclipse 3.0sec ,
flash0.6sec , eclipse 13,6sec , visible from 1800 throught west and north to 230 obscured in places from 00 to
230 at shore distance.
1.berapa periode suar tersebut :
Flash
0.6 eclipse 3.0
Flash
0.6 eclipse 3.0
Flash
0.3 eclipse 3.0
Flash
0.6 eclipse 13.6
Total
2.1 + 22.6 = 24.7 sec
Hal yang mempengaruhi jarak tampak
suar :
1.kekuatan
penerangan suar
2.tinggi
penerangan diatas permukaan air
3.tinggi
pengamat di atas permukaan air
4.keadaan
cuca
5.ketajaman
mata sipengamat
Tiga buah benda terletak dalam
sebuah lingkaran ( merupakan segi empat tali busur ) penentuan posisi dengan
metode SINELIUS tidak dapat diguanakan, Jelaskan :
karena kita memperoleh dua lingkaran yang berimpitan satu sama lain sehingga
posisi kapal tidak dapat ditentukan dengan metode sinelius karena pada metode
sinelius titik potong dari kedua lingkaran akan memberikan posisi kapal
Pada waktu berlayar malam hari
dengan HS = 90 tiba tiba di haluan Nampak sebuah bouy cardinal dengan lampu QK
FI ( quik flasing )
Tanda apakah bouy cardinal itu :
adalah tanda bouy cardinal utara sesuai dngan iramanya QK FI ( cerlang cepat )
dengan cerlang50-60
Tindakan yan harus dilakukan
: melewati sisi utara dari tanda
cardinal tersebut dengan meletaknya pada sisi lambug kanan kapal
Satuan yang dipakai
pada
Buku daftar pasang surut Indonesia
: waktu yang diingankan adalah waktu
tolak , tinggi air dalam (DM) dalam daftar,ait tinggi (AT) dan terendah ( AR )
berurut urut ditunjukan dengan tanda (*
bintang)
Daftar arus pasang surut : waktu
dalam tolak , kecepatan knot ,tinggi air dalam ( DM ) pasang tertinggi
(
+ ) pasang terendah ( - )
Rata
rata ditunjukan dengan tanda (* bintang )
Homing adalah :
cara membawa kapal kesuatu tempat tertentu melalui petunjuk lattice di peta
Apa perbedaan dari :
Peta gromonik :
titik pusat proyeksi pada titik pusat bumi tidak komfrom
Peta : mecator ( lintang bertumbuh
): peta
laut dalam mana semua menit jajar=1mnt khatulistiwa dan semua menit derajah
=1mnt khatulistiwa x sec.lintangnya
Peta datar adalah :peta
lintang menengah dengan khatulistiwa sebagai lintang menengahnya
Peta lintang menengah adalah : peta
laut dalam mana semua menit jajar =1mnt
khatulistiwa dan semua menit derajah =1mnt khatulistiwax sec lintang
menengah
JELASKAN CARA :
Cara memindahkan posisi dari suatu
peta ke peta yang lain
A.bila posisi kapal dinyatakan
dengan baringan :
1.gambarkan
baringan yang sama dengan peta A ke peta B
2.ukurkan
jarak dipeta A dengan skala lintangnya dan dengan cara yang sama diukurkan pada
peta B
3.perpotongan
antara garis baringan dan lingkaran
jarak dipeta B adalah posisi kapal yang
telah dipindahkan
B.bila mana posisi kapal dinyatakan
dalam lintang dan bujur :
1.tentukan
lintang dan bujur pada peta A
2.lalu
pindahkan posisi lintang dan bujur ini ke peta B
Berlayar mengunakan PLOTTING
SHEET :
1.Memplot
kapal target dari kapal kita yaitu berapa haluan kapal target,kecepatan kapal
target, waktu kemungkinan terjadinya tubrukan terhadap kapal kita
2.jika
DCPA = 0 maka akan terjadi bahay tubrukan degan kapal target maka harus diambil
tindakan pencegahan misalnya : merobah haluan atau mengurangi kecepatan
3.melukis
segi tiga vector kecepatan
Apa perbedaan dari :
Lintang georafis :
sudut antara normal sipenilik dan bidang khatulistiwa
Lintang geosentris :
sudut antara jari jari bumi ditempat sipenilik dan bidang khatulistiwa
Apa perbedaan dari :
Loxodrom : garis
dibumi yang membentuk sudut sudut yang sama dengan semua derajah ,loxodrom
merupakan garis lurus pada lintang bertumbuh
Orthodrom :
lingkaran pada permukaan bumi yang titik pusatnya berada pada titik pusat bumi
dan jari jarinya sama dengan jari jari bumi, Orthodrom merupakan garis lurus
pada peta gromonik
Lembar 3
Sebutkan 4 cara menentukan deviasi
pedoman magnet :
1.membaring
dua benda menjadi 1
2.mengelilingi
sebuah pelampung
3.baringan
sebelah menyebelah
4.baringa
benda benda angkasa
Jelaskan cara membaring 2benda
menjadi 1 :
1.benda
A dan B sudah diketahui posisinya dipeta sehingga baringan sejati antara 2
benda terebut telah diketahui
2.pada
saat benda A dan B menjadi satu ( SEARAH
) baringlah dengan pedoman
3.sembir
didapat dari BS – BP.
4.Deviasi
= Sembir – Variasi ( ada dipeta )
Data
yang diperoleh dari :
Ocean Passage for the world : keterangan dan
perhatian yang berhubungan denga route pelayaran dilaut ( route samudra )bagi
kapal sesuai dengan kekuatan mesin kapal terseburt
Dimana letak dari :
Title peta ( judul peta ) :
biasanya ditempatkan yang paling layak dan tidak menutupi alur pelayaran utama
atau keteranganpeta yang penting
Nomor peta :
sudut kiri atas / kanan bawah diluar batas peta
Tahun perpetaan / survey :
dibawah nama peta
Tahun penerbitan :
diluar batas peta ,tengah tengah , bawah
Tahun penerbitan baru :
sebelah kanan percetakan lama
Tahun percetakan :
sudut kanan atas
Koreksi besar :
sebelah kana tahun penerbitan atau dibawahnya
Koreksi kecil :
sebelah kiri bawah ,diluar batas peta
Skala peta :
di bawah judul
Ukuran peta :
sudut kanan bawah dalam tanda kurung,diberi dalam inchi
Proyeksi peta :
dibawah / diatas judul
Muka surutan ;
dibawah judul
Dalamya laut :
dibawah nama peta / judul
Keterangan pasang dan arus pasang :
ditempatkan
yang cukup jelas dan tidak menutupi keterangan penting atau lalu lintas utama
Apa yang dimaksud dengan :
Local direction of buoyage :
adalah arah umum yang diambil navigator bila mendekati pelabuhan , sungai ,
teluk muara atau perairan lainya dari arah laut
General direction of buoyage :
adalah arah yang ditetapkan pemerintah ,mengikuti arah jarum jam mengelilingi
daratan ,sebagai mana dijelaskan dalam sailing direction yang jika perlu
ditunjukan pada tanda panah di peta
Pilot chart ( peta pandu ): peta yang
berisikan lukisan berdasarkan fakta fakta maupun kesimpulan dari penelitian
navigasi cuaca dan oceanologi selama bertahun tahun,gunanya membantu seorang
navigator untuk memilih rute rute yang aman bagi kapalnya singkat serta baik.
Hal yang utama yang terdapat dalam
peta pandu :
1.keadaan
angin dan arus
2.prosentase
topan ,keadaan tenang dan abut
3.route
yang dianjurkan untuk kapal yang digerakan dengan kecepatan 3 macam ( high
power vessel , medium power vessel , dan low power vessel )
4.isotrom
( untuk udara dan langit )
5.letak
kapal stasiun samudera untuk pengamatan cuaca
6.isogone
–isogone
7.Batas
hanyutnya es dan masa es serta gunug es
Inter
national date line : sebuah garis yang berjalan dari selatan ke utara mulai
dari titik yang letaknya 80 sebelah timur dari new Zealand ,kekepulaun Samoa
belok kekiri terus mengikuti derajah 1800 tepat sebelah selatan
aleuten membelok kebarat laut lalu belk keutara timur laut terus keselat
behring
Isi dari BPI dan NTM :
.BPI
merupakan sebuah buku yang dikeluarkan oleh hidral ( hidrografi angkatan laut )
yang sebenarnya adalah kumpulan dari semua berita berita dalam satu minggu
kemudian diterbitkan perminggu .BPIdiberi no menurut perminggu nya dalam setahun ( 1 s/d 52)
Isinya
antara lain :
1.perubahan
prubahan dan tambahan yang ada sangkut pautnya dengan peta laut Indonesia
2.perubahan
dan tambahan pada publikasi navigasi
Apa yamg harus dilakukan pada
publikasi dikapal seperti peta,list of lights,admiralty of radio signal dll ; agar
selalu up to date dengan mengoreksi
segala perubahan dan penembahan yang disiarkan oleh BPI atau NTM sehingga
senantiasa dapat menjamin keamanan pelayaran navigasi dilaut
Untuk mendapatkan jarak sebuah
benda daratan yang berada dibelakang tepi langit dapat diukur tingginya dengan
sexstan
1.jelaskan cara mengukur tingginya
: tingginya diukur dengan sexstan
,lalu diperbaiki dengan penundukan tepi langit maya ( daft 18 ) dengan refreksi
bumiawi ( ½ x jarak duga )
2.bagai mana cara mendapatkan
jaraknya jelaskan :
Jarak
dicari dengan metode hengeveld dengan rumusnya :
F
( a*x )= F a + H – h
Nilai
F ( a + x ) dan F a serta nilai baliknya dapat dicari dalam daftar 26
Penyebab pasang surut :
karena adanya kekuatan tarik dari beberapa benda angkasa yang beredar
mengelilingi bumi dengan jarak yang tidak begitu jauh yang dipengaruhi oleh
matahari dan bulan,yang paling kuat mempengaruhinya adalah bulan
Gp FI ( 2) 20 sec 25m 10M terangkan
ket suar tersebut :
Gp FI ( 2) :
suar tersebut mempunyai jenis penjinaran cerlang yang diberikan pada kelompok
terdapat 2 kali cerlang
20sec : periode 20 detik yaitu antara nyala pertama
dalam kelompok kesatu sampai nyala pertama dalam kelompok berikutnya
25 m :
cerlang selama 25 menit
10M :
jarak tmpak 10 MIL dengan tinggi mata pengamat patokan 5meter atau 15 kaki
Cara mengetahui suar kuat dan suar
lemah : dengan membandingkan jarak dipeta dengan jarak yang
dihitung kembali dengan pedoman tinggi mata sipengamat 5meter .hal ini bisa
dikerjakan dengan memakai lembaran pada daftar suar Indonesia bila jarak kedua
ini berbeda dengan lebih ½ mil maka suar tersebut lemah
Factor yang mempengaruhi jarak
tampak suar :
1.kekuatan
penerangan suar
2.tinggi
penerangan diatas permukaan laut, tinggi pengamat diatas permukaan laut ,
keadaan cuaca , ketajaman mata sipengamat
Manfaat mengetahui daftar arus
pasang surut :
1.dapat
menentukan kapan kita tiba pada tempat tujuan
2.menentukan
arah haluan yang dipengaruhi arus
3.menempatkan
tempat labuh jangkar agar aman dari kapal yang ada disekitar
Isi dari passage of the world :
buku yang terdiri dari 2 jilid yang berisikan tentang keterangan dan perhatian
yang bersangkutan dengan route pelayaran dilaut samudra bagi kapal kapal sesuai
dengan kekuatan mesin kapal tersebut
Navigational warning : berisi
peringatan peringatan navigasi penting
bagi kapal yang berlayar pada daerah / wilayah dimana peringatan navigasi
dipancarkan melalui,stasiun radio pantai, inmarsat, navtex
Nemedri ( north eropean
mediteranian routing instruction ): suatu buku yang
berisikan tentang rute yang terbaik yang disarankan untuk diikuti dalam
pelayaran yang bebas dari bahaya ranjau ,buku ini khusus meliputi daerah eropa
bagian utara dan laut tengah dan akan ditiadakan setelah situasi ranjau sudah
megijinkan
Cara mempersiakan peta peta laut
apabila akan berlayar : peta yang akan dipakai telah
dikoreksi
1.Cari
peta yang akan dipakai di catalog peta
2.peta
diurut sampai ke tempat tujuan
3.memilih
haluan yang baik
4.memilih
posisi untuk merubah haluan
5.Amati
data data di peta
System pelampung cardinal : system
pelampung yang menunjukan batas aman yang harus dilewati yang terdiri dari
empat sector yaitu : U,S,B,T
Whell over point ( WOP ) : sebuah
posisi yang telah ditentukan di peta dimana satu perubahan yang telah
direncanakan
Gunanya :
1.untuk
merubah haluan ditempat yang terbatas tidak boleh hanya mengunakan feling ,
2.WOP
harus dapat dikontrol dengan pedoman / baringan didarat,
3.diperlukan
data olah gerak untuk menentukan WOP.
Apa yang dimaksud
dengan :
NO GO AREA :
batas batas perairan yang tidak boleh dilewati oleh kapal sehubungan
dengan bahaya navigasi seperti,tempat
dangkal,merkah navigasi
MARGIN SAFETY : batas
daerah aman garis lurus diluar no go area
PARALLEL INDEX :suatu
metode yang berguna dalam hal memonitorperkembangan jalanya kapal dalam
hubungan rancangan pelayaran
PRIMARY AND SECONDDARY POS.FIX :
rancangan pelayaran yang mencakup informasi tentanng cara penentuan posisiyang
akan digunakan
TIDAL WINDOW :
daerah pasang surut dimana merupakan
daerah yang dapat dilewati oleh kapal hanya pada saat pasang saja dan
tidak dapat dilewati pada saat surut
ARC OF MEASUREMENT :
pengkuran busur dalam lingkaran besar ( dalam great circle chart )
WINDROSE( dalam pilot chart):
Suatu
symbol pada pilot chart yang menunjukan arah kekuatan angin dan arus
publikasi navigasi : semua
terbitan yang diperlukan sebagai sumber informasi dan petunjuk oleh para
navigator dalam bernavigasi termasuk diataranya buku buku cetakan oleh badan
hydrorap,IMO dll
10 publikasi navigasi yang
diperlukan dalam rancangan pelayaran :
1.chart catalog
1.chart catalog
2.navigation
chart
3.sailing
direction and pilot chart
4.list
of lights
5.tide
table
6.tidal
stream atlases
7.ALRS
8.navigation
warning
9.ocean
passage of the world
10.marines
hand book
Isi dari TIDE TABLE :
1.
perkiraan air pasang dan surut untuk standart port
2.
tidal stream table
3.
non harmonic data
4.
harmonic constans
5.
harmonic constans for tidal stream
kapal berlayar dari A ke B engan
lingkaan besar,cara mengukur jarak dipeta proyeksi gromonik antara 2 tempat :
Cos
a = cos (lt1 – lt2) - cos lt1 x cos
lt2 x sin V ▲ bujur.
ISI DARI BUKU ADMIRALTY LIST OF
RADIO SIGNAL :TY LIST OF RADIO SIGNAL : terdiri dari 6 bagian yaitu
volume 1 :
coast radio stations, memuat data data tentang stasiun pantai, disini kita juga
dapatkan data tentang prosedur yang harus diikuti untuk meminta advis medis
radio ,mersar and organisasi radio
volume 2 :
radio navigational aids,disini kita dapatkan data data antara lain tentang
rambu radio,data ini diantaranya adalah :frekwensi ,nama panggil, jarak capai ,
sequence dan keadaan keadaan jika rambu itu bekerja juga data data tentang
recons kita dapatkan dibagian ini
volume 3 :
radio weather service,data data tentang stasiun stasiun yang menyiarkan berita
cuaca dengan waktu dan frekwensi dari penyiaran ,disini kita dapatkan juga data
tentang penyiaran facsimile
volume 4 :
meteorological observation station
volume 5 :
port operation ,pilot service and traffic surveilence data tentang stasiun yang
memberikan jasa pada kapal kapal
volume 6 :
V.H.F.untuk sarana hubungan antar kapal dengan kapal ,kapal dengan darat,kapal
dengan stasiun pandu,kapal dengan syahbandar dll
Ditempat-tempat
mana lintang geografis sama dgn lintang geosentris :Lintang geocentris sama dengan lintang geografis pada saat
penilik berada di kutub atau lintang 90º serta bila penilik berada di
khatulistiwa atau lintang 0º
Apa yang dimaksud dgn garis
penuntun ?Garis penuntun adalah garis yang menghubungkan dua
benda yang jadi satu dilihat dari kapal, yang kadang –kadang sudah dilukis
dipeta dan telah dicantumkan arah sejatinya .
Apa guna dari garis penuntun itu
: Guna garis penuntun adalah untuk
dapat mengetahui kesalahan pedoman pada kapal dan sebagai sarana didarat untuk
menuntun sebuah kapal masuk pelabuhan atau alur-alur sempit.
Jelaskan disertai dengan gambar pelaksanaannya.Cara
pelaksanaannya adalah :
1.Hubungkan A
dan B dengan garis lurus.
2.Buat sumbu A
dan B.
3.Lukis
lingkaran P dimana P berada pada sumbu AB.Lingkaran dimana melalui A dan B dan
melingkari semua bahaya2 yang ada.
4.Buat sudut
keliling C.Ukur dengan busur derajat ÐC,umpama 30°.
5.Jika sudut
horizontal ( ÐC ) yang diukur dengan sextan lebih kecil dari
30°,berarti kapal bebas dari bahaya yang ada di sebelah kiri kapal.
sebutkan cirri cirri dari peta
gnomonic ( lingkaran besar )
1.
tidak sebangun
2.
semua garis besar dipeta dilukis sebagai garis lurus, derajah² memusat kekutub jalannya tidak sejajar
3.
jajar² dapat berbentuk hiperbola,
parabola, garis lurus ataupun lingkaran
apa yang dimaksudkan tanda bahaya
terpencil ?suatau tanda yang didirikan atau dilabuhkan pada
atau diatas sebuah bahaya terpencil yang mempunyai perairan yang dapat dilalui
sekelilingnya.
terangkan mengenai bentuk
pelampung, tanda puncak, warna, suar jika ada.? tanda
puncak : 2 bola hitam, yg 1 sama diatas
yg lain
Warna :
hitam
Bentuk :
menara atau batang hitam,merah, hitam
Suar
(jika diperlengkapi)
Warna :
putih
Irama :
cerlang kelompok (2)
Pada haluan² berapakah, jika :
delta lintang = jauh, jika berlayar dgn haluan utara/selatan.
Delta lintang= simpang,
jika berlayar dgn haluan 045°/135°/225°/315°
jauh = simpang, jika
berlayar dgn haluan timur/barat
jauh = Δ bu, jika berlayar
dgn haluan timur/barat, pada lintang 0°
Δ bu = simpang, jika berlayar
dgn haluan timur/barat, pada lintang 0°
Apakah yg dimaksud dengan pelampung
system A : gabungan antara system cardinal dan lateral
( merah di
sisi lambung kiri dan hijau di sisi lambung kanan ).
Diperairan mana saja pelampung
system A diberlakukan : Pelampung system A banyak
diberlakukan diperairan Eropa, Afrika , India , Australia ,dan
beberapa perairan di asia termasuk Indonesia .
Bagaimana bentuk, warna, tanda
puncak, dari pelampung system A.
•Sisi kiri
Warna : Merah
Bentuk : Tumpul / Batang
Tanda
puncak : Guntung Tunggal
•Sisi
kanan
Warna : Hijau
Bentuk : Sembarang
Tanda
puncak : Kerucut Tunggal
Apakah yg dimaksud dgn haluan dan
jauh di atas arus ?
haluan
yg harus dikemudikan dan jauh yg harus ditempuh dibawah pengaruh arus untuk
mencapai tempat tujuan.
Berapa besarnya haluan dan jauh di
atas arus ( Tuliskan dan buktikan rumus untuk
menghitung haluan dan jauh di atas arus ).
Sin
: x = sin β : y
Sin
= x. sin β / y
=
….
Maka
: Hda = HS +/-
Persamaan tiga dan perbedaan
lintang bertumbuh dan mengenai antara lintang bertumbuh dan peta lintang
menengah
lintang bertumbuh :
1.
sebangun
2.
derajah derajah kutub jalannya jajar
3.
jari jari tegak lurus derajah derajah juga jalannya jajar
4.
ukuran mil pada pinggir mendatar adalah 1 mil = 1 menit KI x sec lintang
lintang menengah :
1.
tidak sebangun
2.
yang sebangun hanya sekitar lintang
3.
derajah derajah dan jajar = lintang bertumbuh
4.
karena tidak sama maka lebar peta terbats jika dikehendaki.
-
salah arah lebu8h kecil 1o pada lintang mengarah 0o lebar peta peta = 21o
perbedaan dan persamaan antara peta
lintang bertumbuh dan peta lintang menengah : kedua peta
tersebut ukuran pada mil mil pinggir mendatar sama yaitu 1 menit katulistiwa.
Ciri-2 dari peta
stereografis :
Proyeksi
pada bidang datar yg titik pusat proyeksi berlawanan dgn titik singgung atau
letaknya 1800 dari titik singgung bidang proyeksi
Ciri-2 dari peta lintang menengah :
Peta
laut dlm mana semua menit, jajar sama dgn menit khatulistiwa & semua menit
derajah sama dgn satu menit katulistiwa kali secan lintang menengah
Timbulnya segitiga kesalahan
baringan disebabkan oleh =
1.Salah
mengenal benda yg dibaring
2.Waktu
antara baringan 1-2 terlalu lama
3.Kekeliruan
waktu melukis dipeta
4.Salah
pedoman yg tdk diketahui
pembuatannya
5.Pengambilan
baringan kurang tepat
Apakah yang dimaksud dengan sudut bahaya mendatar .
Jawab :Sudut bahaya mendatar adalah sudut yang dibuat secara
mendatar yang digunakan untuk menghindari bahaya² yang mungkin atau berada dibawah permukaan
air sehingga tidak kelihatan.
Sudut bahaya tegak :
Sama halnya dgn sudut bahaya mendatar hanya disini sudut tegak sbg patokan tdk
dpt diukur dgn busur derajat tetapi hrs dihitung
Kutub utara & kutub selatan
bumi:
Titik
potong permukaan bumi dgn poros bumi pd 2 tempat disebaelah utara &
disebelah selatan bumi yg jaraknya sama dgn khatulistiwa
Poros bumi :Garisn lurus yg
menghubungkan kutub utara & kutub selatan
Khatulistiwa bumi : Lingkaran besar yg
melalui pusat bumi tegak lurus pd poros bumi serta membagi bumi sama besar
Lintang atau jajar : Semua lingkaran yg sejajar dgn khatulistiwa
yg semuanya merupakan lingkaran kecil
Derajah / Meridien / Bujur
: lingkaran besar yg bidangnya melalui pusat bumi & poros bumi serta tegak
lurus Equator
Lingkaran besar :
Lingkaran yg membagi luas bumi dlm 2 bagian yg sama
Syarat utama dari peta laut adalah :
a.
loxodrom harus dapat tergambar sebagian garis lurus sehubungan dengan
penglukisan haluan
haluan
dan baringan baringan.
b.
lingkaran besar harus dapat tergambar sebagian garis haluan sehingga rute
lingkaran besar
harus
dapat dengan mudah digambarkan dan sedemikian juga pengerjaan baringan
baringan
jauh dapat dilaksanakan dengan sederhana.
c.
skala harus konstan, sehingga jarak jarak dan jauh dapat diukur dengan teliti
d.
peta harus conform, sehubungan dengan penglukisan dan pengukuran arah arah atau
Sudilah kiranya Bgi pengunjung blog ini,
apabila menemukan Kata yang salah atau lebih,
atau yang mau menambahkan, memberi komentar. ok!!
2 comments :
kunjungan balik ane gan,..
Hwaow,. banyak juga ilmu disini ya gan,...
mohon., makasih makasih makasih...,
saya juga telah berkunjing gan
Berkomentarlah yang sopan dan Relevan :))